Laman

Minggu, 18 April 2010

Hitam Putih Kedewasaan

Baru ngasih 'jempol' di status facebook salah seorang dari list friends

"
Kedewasaan anda tercermin dr apa yg anda katakan,anda tulis,dan anda perbuat..kejarlah kedewasaan yg sempurna.."

Hmm... Kata 'Dewasa' mungkin akan sangat dekat dengan kata 'Umur', tetapi bukan suatu jaminan dengan bertambahnya umur secara otomatis bertambah juga tingkat kedewasaan seseorang.
Banyak teori yang mencoba mendescripsikan apa arti dan makna dari kata Dewasa.
Dewasa jika sudah bisa membedakan mana yang baik dan yang tidak baik, mana yang pantas dan tidak pantas.
Dewasa jika sudah dapat menahan emosi, hawa nafsu...
Dewasa jika selalu berpikir positif, melihat jauh kedepan dan tidak tenggelam dengan masa lalu...

Salah seorang teman seperjuangan di GT Fiber, kebetulan kamarnya tepat depan kamar saya pernah berkata "Seseorang itu sudah dewasa ketika dia menertawakan diri sendiri"
Dengan gayanya yang khas, dia mencoba mencoba memberikan beberapa contoh ketika itu.

Orang yang sudah bisa menertawakan diri sendiri adalah orang yang hebat yang bisa menuju ke arah kesuksesan. Karena mereka menyadari apa kelebihan dan kelemahan mereka, orang - orang seperti ini biasanya belajar dari kegagalan, mereka tidak takut akan gagal, malu. Ketika mereka gagal dan orang lain menertawakan mereka, mereka akan segera bangkit dan bisa menertawakan kesalahan yang dilakukan yang mengakibatkan kegagalan itu.

Copas dari lapak sebelah...
Dewasa bukan berarti tua, Dewasa bukan berarti sudah pernah melakukan sesuatu yang hebat dan besar, Dan dewasa bukan pula berarti suatu kemapanan hidup yang dicita citakan. TETAPI dewasa adalah bagaiman ia bisa melihat diri sendiri serta lingkungannya, bagaimana ia mengetahui siapa dia, dimana dia berada, kapan waktunya dan bagaimana caranya sehingga ia tahu kapan seharusnya dikerjakan.


Memang tak bisa dihindarkan pada proses perjalanan kehidupann ini selalu ada 2 (dua) sisi yang berbeda, baik dan buruk, benar dan salah, kosong dan terisi, sedih dan senang, hitam dan putih, dua sisi ini akan selalu ada dalam setiap proses kehidupan, biarlah itu terjadi secara alamiah alamiah asalkan masih dalam jalur membangun diri bukan untuk saling menjatuhkan, karena dua sisi tersebut dibutuhkan dalam dinamika kehidupan.


….. Karena KEHIDUPAN ADALAH PERISTIWA TEATER …..
Apakah kamu sudah dewasa, Unre?
Mencoba berani bertanggung jawab dengan semua yang saya lakukan...samapai saat ini baru ini yang bisa saya lakukan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar